Selasa, 23 Juni 2009

Zona X- Artikel 20 Juni 2009(LPM Untan)



Belajar Seluk Beluk Jurnalistik

Pekerjaan dalam dunia jurnalistik bukan berarti harus dilakukan oleh para wartawan profesional. Mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung ke dalam Lembaga Pers Mahasiswa atau biasa disebut Mimbar Untan dapat membuktikannya. Sembari menempuh pendidikan di Universitas, mereka juga belajar untuk menjadi seorang wartawan yang baik. Aktivitas mereka tak jauh dari wartawan umumnya, membuat berita dan menerbitkannya. Hanya saja cakupan lebih banyak di lingkungan kampus.

Masing-masing dari mereka sudah membentuk divisi-divisi untuk menjalankan kegiatan LPM. Then, apa saja sih yang menjadi tugas mereka dalam LPM? Hambatan apa yang biasanya mereka hadapi dalam menjalankan tugas?

Satu keterangan datang dari Jumiardi Budiman. Cowok yang berasal dari FKIP Jurusan Ekonomi ini diberikan mandat sebagai sekretaris umum. “Sebagai sekretaris, aku ditugaskan untuk mendampingi ketua dalam setiap rapat. Aku juga bertugas menginventarisir dan meagendakan rapat serta event,” jelasnya.

Selama bergabung di Mimbar Untan banyak hal yang sudah Jumiardi dapatkan sejak bergabung di sana. “Selain bisa ketemu dengan orang-orang yang satu jalur, di sini aku belajar dan sekaligus menghimpun pengalaman dalam bidang pers,” lanjutnya.

Hal yang tidak jauh beda juga diungkapkan Ellia Marliany. Cewek manis berkerudung ini dipilih sebagai kepala divisi penyiaran. ”Dalam bidang penyiaran, aku mengurus masalah-masalah yang berhubungan dengan broadcasting serta unsur-unsur di dalamnya,” jelas mahasiswi fakultas Ekonomi ini.

Lain halnya dengan Iswandy. Cowok yang bertanggung jawab mencari sponsorship untuk LPM ini mengaku harus mendapatkan kepercayaan dari perusahaan-perusahaan yang akan memasang iklan di radio Untan. “Saat ini divisi kami masih sibuk membuat dan menyebarkan proposal untuk perusahaan-perusahaan. Untungnya, so far kami mendapat dukungan penuh dari Universitas. Jadi, divisi perusahaan tidak begitu terbebani untuk mencari dana dari pihak luar,” jelasnya.

“Over all, walaupun kami masih menghadapi hambatan-hambatan, paling tidak semua yang sudah kami kerjakan adalah proses pembelajaran agar bisa menjadi lebih baik. Personally, aku ngerasa jadi orang yang lebih aktif semenjak menjadi anggota LPM,” ungkapnya. (dit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar